SELAMAT DATANG di Blog BKM Amanah Desa Sindanglaya - Media Sosialisasi & Informasi

PROGRAM PPMK (PENINGKATAN PENGHIDUPAN MASYARAKAT berbasis KOMUNITAS)

Askot, Faskel, BKM Amanah& UPK melaksanakan survey terhadap KSM calon penerima manfaat Program  PMPK.
Program PPMK (Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas) merupakan salah satu program terbaru dari PNPM Mandiri Perkotaan. Di Provinsi Jawa Barat ketersediaan DIPA untuk Program PMPK ini adalah Rp. 18 Miliar, yang mana rencana alokasinya adalah untuk 180 Desa/ Kelurahan terpilih, dimana tiap kelurahan terpilih tersebut akan mendapatkan Rp. 100 Juta.

Desa Sindanglaya merupakan salah satu Desa yang mendapat kesempatan mengikuti seleksi untuk mendapatkan Program PPMK tersebut. Pada hari Rabu tanggal 13 Juni 2012, Askot Kabupaten Cianjur, Faskel dan BKM Amanah Desa Sindanglaya beserta UPK nya mulai melaksanakan seleksi terhadap 5 KSM yang diajukan sebagai calon penerima manfaat Program PPMK tersebut.

PPMK ini merupakan program yang diperuntukan bagi KSM-KSM yang memiliki potensi usaha terutama dalam meningkatkan mata pencaharian keluarga. Kriteria KSM PPMK ini adalah beranggotakan 5-10 orang yang 2/3 anggotanya terdaftar dalam PS-2 (daftar Warga Miskin), memiliki aturan main KSM dan sistem administrasi, memiliki usaha kecil yang berpotensi untuk dikembangkan, serta pernah mendapat pinjaman bergulir dari UPK atau Lembaga Keuangan lainnya dengan tingkat pengembalian lebih dari 90%.

Perbedaan PPMK dengan pinjaman bergulir Reguler (yang biasa digulirkan oleh UPK) adalah, usaha yang dijalankan penerima PPMK merupakan usaha pokok mata pencaharian keluarga. Sedangkan pinjaman bergulir reguler usahanya boleh mata pencaharian sampingan keluarga. Dan besar pinjaman PPMK antara 3-5 juta rupiah per orang, sedangkan yang reguler besar pinjamannya hanya sampai 2 juta rupiah per orang.



1 komentar:

  1. mantap.............. kang program kerjanya
    http://komunitaswarganeglasari.blogspot.com

    BalasHapus

Arsip Blog